Pesona Arung Jeram Dayang Reginang

0
328

GO BENGKULU, LEBONG – Kabupaten Lebong terkenal dengan keindahan alamnya yang patut menjadikannya sebagai daerah destinasi wisata. Terdapat berbagai wisata alam yang dapat dijadikan sebagai pengobat kejenuhan. Tambah lagi saat ini di Kabupaten Lebong terdapat wahana olahraga Arung Jeram Sungai Ketahun, mengarungi derasnya sungai Ketahun selama lebih kurang 2 hingga 3 jam yang dimulai dari Desa Teluk Dien, Kecamatan Rimbo Pengadang, hingga finish di Desa Talang Ratu. Keberadaan objek wisata alam Arung Jeram Sungai Ketahun menambah daftar destinasi wisata potensial di provinsi Bengkulu, khususnya di Kabupaten Lebong.

Mengarungi medan sungai Ketahun yang begitu eksotis dan keelokan alam yang menyejukkan mata, kejernihan dan kebeningan air sungai  membuat para penikmat olahraga ini lupa akan tantangan yang dihadapi yaitu derasnya arus dan ombak sungai Ketahun.

Arung jeram Sungai Ketahun menjadi magnet wisata baru di Kabupaten Lebong yang bernuansa olahraga dan outbound cukup ramai dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun nasional, bahkan internasional.

Di lokasi start Arung Jeram Sungai Ketahun, para wisatawan bisa menginap dengan menyewa villa bernuansa rumah panggung khas suku Rejang yang diberi nama Villa Dayang Reginang. Di lokasi tersebut terdapat sekitar 10 unit rumah panggung berukuran mini cukup untuk satu keluarga kecil.

Di tempat ini juga disediakan aula dan ruang rapat bagi yang ingin mengadakan kegiatan atau acara bersifat formal seperti pelantikan atau rapat kantor, maupun kegiatan informal seperti acara pesta perkawinan atau lainnya.

Para wisatawan bisa mendapatkan paket menginap dan outbound serta makan 3 kali hanya dengan mengeluarkan uang sekitar Rp250.000/orang, permalam. Harga yang sangat terjangkau dan termasuk murah dengan nuansa dan suasana alam yang sangat asri di sekitar penginapan yang dialiri sungai Ketahun. Suasana demikian itu membuat para wisatawan serasa kembali ke alam pegunungan dan pedesaan (back to nature).

Kehadiran objek wisata Sungai Ketahun di Kabupaten Lebong tentu membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar. Tentu akan muncul dan tumbuh simpul ekonomi baru seperti kebutuhan akan para instruktur dan guide dari masyakat lokal yang paham akan lingkungan dan medan rute Arung Jeram, pedagang kuliner, souvenir dan jasa transportasi serta lainnya.

Arung Jeram Sungai Ketahun pertama kali diperkenalkan di Kabupaten Lebong pada tahun 2013 lalu. Saat itu dilakukan survey dan penelusuran oleh club arung jeram Lebong Rafting yang dimulai dari Desa Talang Baru, Kecamatan Topos hingga Desa Talang Liak, Kecamatan Bingin Kuning, sepanjang 30 km. Hasil survey kemudian dilaporkan ke pemerintah daerah dan disimpulkan Sungai Ketahun Lebong memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk pengembangan olahraga dan wisata arung jeram.

Untuk menjangkau objek wisata Arung Jeram Dayang Reginang dari bandara Fatmawati Soekarno  di pusat kota Bengkulu membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 hingga  4 Jam perjalanan melewati Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Kepahiang, dan Kabupaten Rejang Lebong.

Penulis: Andriadi Achmad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here