Tahun Ini Dinkes Lebong Bangun PSC 119

0
224

GO BENGKULU, LEBONGPemerintah Kabupaten Lebong melalui Dinas Kesehatan akan segera membangun gedung Public Safety Services (PSC) 119. Gedung dimaksud berfungsi untuk penyediaan layanana kedaruratan bagi masyarakat Lebong seandainya terjadi musibah atau bencana. Penyediaan layanan PSC sendiri sesuai dengan instruksi presiden Nomor 4 tahun 2013, dimana seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia harus membentuk PSC. Demikian diceritakan Kepala Dinas Kesehatan Lebong Rachman, SKM, saat dibincangi Rabu (5/2) lalu.

“Tahun ini kita akan bangun gedung PSC 119 tepat di depan gedung kantor kita ini. Fungsinya untuk koordinasi layanan kedaruratan bagi masyarakat Lebong, tempat berkumpul dan tempat memperoleh informasi ketika terjadi peristiwa gawat darurat,” ungkapnya.

Dilanjutkan Rachman, gedung tersebut akan dibangun dari sumber anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kesehatan APBN tahun 2020 sebesar Rp 825 juta. Bukan hanya gedung saja, lanjut Rachman, di situ nanti juga akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya, seperti kendaraan operasional dan alat komunikasi.

“Layanan PSC 119, merupakan implementasi pogram pemerintah mengacu pada agenda kelima Nawa Cita, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia ini. Salah satunya adalah melalui Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT),” demikian Rachman. (YF)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here