/
/
headlineLebong

Dukung Program Bidang Kesehatan, Komisi I Kunjungan ke Dinkes

113
×

Dukung Program Bidang Kesehatan, Komisi I Kunjungan ke Dinkes

Sebarkan artikel ini

GO BENGKULU, LEBONG – Dukung Program pelayanan Kesehatan di Kabupaten Lebong, Komis I DPRD Kabupaten Lebong mengunjungi kantor Dinas Kesehatan, pada Selasa (4/2). Dalam kunjungannya, Ketua Komisi I, Wilyan Bachtiar, didampingi anggota komisi I lainnya, Mahdi, Ansori dan Fiter Saputra. Kedatangan mereka disambut langsung oleh Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM, didampingi Sekdis, Eropa dan Kasubag Keuangan, Evan Marta.

Diakui Wilyan, kunjungannya hari ini dalam rangka meneruskan aspirasi masyarakat yang disampaikan dalam reses yang digelarnya beberapa waktu lalu. Terpantau Dalam dialog singkat antara Komisi I dengan pihak Dinas Kesehatan, mereka membahas sejumlah permasalahan terkait pelayanan di bidang kesehatan agar lebih merata dan tepat sasaran.

Komisi I selaku mitra Dinas Kesehatan berharap Dinas Kesehatan selaku induk dari pelayanan di bidang kesehatan dapat memberikan pelayanan prima dan merata kepada masyarakat, baik fasilitas maupun pelayanan lainnya.

“Kami selaku mitra Dinkes berharap, Dinkes dapat memberikan pelayanan prima dan merata kepada masyarakat dan tentunya tepat sasaran. Semua adalah masyarakat kita yang mempunyai hak yang sama. Seperti pelayanan di program BPJS, beliau berharap penerima BPJS Jamkesda yang dibiayai pemerintah benar-benar tepat sasaran tanpa ada unsur kepentingan atau pun faktor kedekatan terlebih lagi ada unsur politis,” kata Wilyan.

Lebih jauh Wilyan menilai, Dinkes Lebong masih butuh banyak anggaran untuk dapat memenuhi pelayanan secara maksimal dan merata. Dirinya juga berpendapat kalau mau mengandalkan APBD Kabupaten tidak mungkin pelayanan dasar di bidang kesehatan akan terpenuhi secara merata. Untuk itu beliau mengaku siap mendampingi pihak Dinas Kesehatan untuk menyampaikan permasalahan tersebut ke kementrian, agar orang-orang pusat juga tahu akan permasalahan yang ada di Kabupaten Lebong, khususnya kendala di bidang kesehatan.

“Kami siap mendampingi sampai kemanapun, mari kita sampaikan kendala kita biar orang pusat itu tahu kendala kita di bawah. Kita masih perlu banyak anggaran, kita masih perlu penambahan puskesmas dan faslitas lainnya yang menyangkut dengan kesehatan,” ujar Wilyan.

Kepala Dinas Kesehatan Lebong, Rachman, SKM, menyambut baik kedatangan komisi I yang sudah peduli dan mendukung program di bidang kesehatan. Menurutnya, memang sudah selayaknya anggota Dewan menyuarakan keluhan masyarakat. Dan beliau menyatakan siap untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui program-program yang dikucurkan pemerintah.

“Terimakasih atas kunjungan komisi I, kami siap bersinergi untuk membangun Lebong, terutama di bidang kesehatan. Semoga kedepan dengan bantuan dan dukungan dari pihak DPRD, kami akan lebih kuat dalam segala hal sehingga kami bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” sampai Rachman.

Terkait BPJS, Rachman menjelaskan,  saat ini sekitar 78 persen warga Lebong sudah memiliki kartu, kalaupun ingin dibiayai seluruhnya minimal diperlukan anggaran sekitar Rp 29 miliar. Sedangkan saat ini baru tersedia sekitar Rp 14 miliar, jadi masih banyak kekurangan sekitar Rp 15 miliar. Dari jumlah itu, 30 ribuan diantaranya merupakan penerima Jamkesda yang setiap bulannya ditanggung oleh Pemkab Lebong.

“Data yang kami gunakan adalah data warga kurang mampu yang ada di Dinas PMD Sos, selanjutnya data itu kami sandingkan dengan data Dukcapil. Data ini terus kami update jika ada mutasi data, seperti ada yang meninggal dan lainnya,” tutupnya. (YF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *