16 Program Unggulan Rosjonsyah Hampir Rampung

0
451

GO BENGKULU, LEBONG – Bupati Lebong H. Rosjonsyah, S.I.P., M.Si, memang patut diacungkan jempol. Bagaimana tidak, dua periode kepemimpinannya beliau berhasil membawa banyak perubahan untuk Kabupaten Lebong. Kabupaten Lebong dulunya dikenal sebagai daerah terpencil dan tertinggal, di bawah kepemimpinan Rosjonsyah, hampir 1 dekade beliau mampu menjadikan Kabupaten Lebong lebih maju, lebih dikenal bahkan sejajar dengan daerah-daerah maju lainnya.

Hingga tahun ke-3 masa jabatannya di periode ke-II ini (2016-2019), beliau hampir saja menuntaskan 16 program unggulan yang ditawarkannya sewaktu kampanye dulu, baik di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan maupun di bidang ekonomi. Dari 16 program unggulan yang ditawarkan, hingga tahun ke-3 kepemimpinannya, Rosjonsyah sudah mencapai angka yang fantastis, yakni sudah di angka 80,27 persen.

Angka itu direlease oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bengkulu (UNIB), dalam ekspose capaian program prioritas Bupati, bertempat di ruang Graha Bina Praja, Kamis (21/1). Dipaparkan oleh Ketua Tim Ahli LPPM Unib Dr. M. Mustopa Romdhon, M.Si, dari hasil survey yang dilakukan oleh timnya selama satu tahun terakhir, hasil kinerja Bupati Rosjonsyah cukup gemilang, hal itu terlihat dari angka-angka yang muncul dari hasil survey yang dilakukan pihaknya, capaian target dari 16 program unggulan yang ditawarkannya itu banyak yang hampir mencapai 100 persen, bahkan ada yang sudah over target.

“Kita telah melakukan penelitian/pengukuran progres kinerja Bupati Rosjonsyah terhadap 16 program unggulannya melalui metode survey berupa wawancara dan observasi lapangan. Kemudian dengan metode responden, baik OPD terkait maupun masyarakat. Hasilnya cukup luar biasa, hingga tahun ke 3 masa kepemimpinannya (Bupati,red), beliau sudah mencapai angka 80,27 persen dari target. Dan sangat dimungkinkan mendekati angka 100 persen, karena masih ada waktu kurang lebih satu tahun lagi untuk menyelesaikan target dari program yang sudah dimasukkan ke dalam RPJMD,” paparnya.

Dilanjutkan Mustofa, angka 80,27 persen itu adalah rata-rata capaian target dari 16 program unggulan yang ditawarkan Bupati. Namun demikian, masih ada beberapa program yang belum maksimal dan butuh perhatian, angkanya masih di bawah 50 persen, seperti, program sekolah unggulan tingkat SD yang baru mencapai angka 12,5 persen sekolah dan  SMP 37,5 persen dari target 8 sekolah. Kemudian jumlah siswa SMA berprestasi yang mendapat beasiswa melanjutkan ke universitas baru mencapai 22,5 persen dari target 150 orang.

Bukan hanya itu, lanjut Mustofa, masih ada bidang lain yang juga butuh kerja keras dan keseriusan untuk mewujudkannya, yakni UKM/IKM produktif yang berhasil memperoleh pinjaman (KUR) baru 45 persen dari target 100 UKM & IKM. Kemudian jumlah BUMD perberasan yang berhasil dibentuk. Lima (5) tahap pembentukan BUMD baru 40 persen. Dan yang paling parah adalah program cetak sawah baru, yang hanya mencapai angka 2 persen dari target sebanyak 2500 hektar sawah.

“Semoga dari hasil pengukuran kami ini bisa dijadikan acuan sebagai motivasi untuk berbenah guna mencapai target dari program-program yang sudah di targetkan di sisa jabatan pak Bupati yang menyisakan waktu kurang lebih 1 tahun lagi,” sampai Mustofa.

Sementara, Bupati Rosjonsyah, dalam kesempatan itu beliau mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder yang sudah bekerja dengan maksimal sehingga capaian target 16 program unggulan yang digadangkannya itu hampir rampung dan terwujud untuk masyarakat luas.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak terutama OPD lintas sektor yang sudah bekerja keras sesuai dengan tupoksi masing-masing sehingga bisa tercapai angka yang gemilang ini,” tutur bupati.

Beliau juga mengajak kepada seluruh OPD untuk memacu kemampuan dan kekuatan yang ada untuk mencapai target 16 program unggulannya itu.

“Mari kita sama-sama bergandeng tangan memacu semangat dan kemampuan agar 16 program unggulan yang saya tawarkan untuk masyarakat Lebong dapat terwujud. Tidak ada kata tidak bisa, selagi kita mau pasti ada jalan. Mari kita pertahankan prestasi yang ada dan kita kejar bersama apa yang belum tercapai demi kemjuan Kabupaten Lebog tercinta ini,” tukasnya. (YF)


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here