Hutan Enggano Terbakar Lagi, 2 Warga Diamankan

0
213

GO BENGKULU, BENGKULU UTARA – Kebakaran hebat kembali melanda hutan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Si jago merah melahap perkebunan milik warga dan kawasan hutan daerah setempat, pada Rabu (21/8).

Data terhimpun api berasal dari wilayah Desa Malakoni, kawasan Trans Malakoni dan Desa Banjarsari yang  hanya berjarak 2 kilometer dari Bandar Udara Pulau Enggano.

Petugas dari koramil, TNI Angkatan Laut dan Kepolisian dibantu warga setempat berusaha keras memadamkan api hingga malam dengan alat seadanya, dan membuat sejumlah sekat agar api tidak menjalar lebih luas lagi.

“Dalam sepekan sudah 35 hektar terbakar. Api sudah mulai dipadamkan, beruntung ada gerimis sebentar tadi,” ujar Redy Heloman, ketua Forum Kepala Desa Kecamatan Pulau Enggano, Rabu (21/8).

Dari tragedi terbakarnya hutan itu, aparat kepolisian setempat mengamankan dua warga yang diduga pemicu terjadinya kebakaran, masing-masing SI dan AK.

Kapolres Bengkulu Utara, AKBP.Ariefaldi Warganegara, S.Ik. membenarkan kejadian itu, disampaikan olehnya, menurut pengakuan tersangka, kebakaran berawal saat keduanya tengah membakar dahan kering di seputar kebun miliknya. Tapi saat itu angin bertiup kencang membuat api dengan cepat menjalar kemana-mana dan tak dapat dikendalikan. Saat ini keduanya tengah menjalani pemeriksaan di Polsek Enggano.

“Keduanya sudah kita amankan, saat ini masih menjalani pemeriksaan. Keduanya terancam pasal berlapis dengan Undang-Undang Kehutanan, Lingkungan Hidup dan Undang-Undang Perkebunan, dengan ancaman 12 Tahun penjara,” jelas Kapolres. (Redaksi/yG)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here