/
/
headlineLebong

Dinas PMD-Sos Gelar Rakor TIK-PID Kabupaten Lebong 2019

98
×

Dinas PMD-Sos Gelar Rakor TIK-PID Kabupaten Lebong 2019

Sebarkan artikel ini

GO BENGKULU, LEBONG – Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa adalah melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualiatas. Untuk mewujudkan itu, Pemerintah Kabupaten Lebong menggelar rakor Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Program Inovasi Desa (PID) Kabupaten Lebong tahun 2019, pada Selasa (30/7).

Kepala Dinas PMD-Sos, Reko Haryanto, S.Sos, M.Si. dalam sambutannya beliau menyampaikan, Program Inovasi Desa (PID) adalah bagian dari keseluruhan program yang dilaksanakan oleh kementrian Desa, PDT, dan Transmigrasi. Untuk menyukseskan itu diperlukan perencanaan dan pemahaman yang jelas. Melalui PID diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat,  serta kemandirian desa, sesuai dengan arah kebijakan dan sasaran Kemendes PDTT pada RPJM 2015-2019.

“Mari kita dukung bersama program inovasi desa ini, semoga dengan adanya PID dapat menciptakan masyarakat desa yang mandiri dan tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat itu sendiri,”ujarnya.

Dilanjutkan Reko, pada prinsipnya rakor TIK bertujuan pada pedoman sebagaimana diatur dalam juknis dekosentrasi dengan beberapa penambahan ataupun penyempurnaan tujuan seperti, melakukan pembinaan dan pengendalian pelaksanaan seluruh tahapan kegiatan program-program dalam lingkungan PPMD, Sosialisasi dan diseminasi pokok-pokok kebijakan program dalam lingkup PPMD. Keberlanjuatan kegiatan yang dilakukan memiliki potensi untuk dilanjutkan secara mandiri , serta mendorong kegiatan pembangunan yang berkelanjutan. Kesetaraan gender, baik laki-laki maupun perempuan memiliki kesetaraan dalam perannya di setiap tahapan dan dalam pengelolaan program, serta dalam menikmati manfaat kegiatan pembangunan.

“Diharapkan dengan Rakor TIK ini kedepan tim dapat memberikan pendampingan kepada desa terkait apa program yang dijalankan di desanya nanti,”ungkap Reko.

Dalam Rakor TIK PID itu hadir pula Asisten Pemerintahan, Jafri S.Sos. dalam sambutannya beliau mengapresiasi Program Inovasi Desa, diharapkan melalui PID akan menciptakan masayarakat desa yang kreatif dan mandiri dalam pengembangan pengelolaan Dana Desa untuk menciptakan masyarakat yang makmur dan sejahtera.

“Semoga kedepan setiap desa punya trobosan-trobosan baru dalam pengembangan pengelolaan Danan Desa agar Dana Desa yang digelontorkan oleh Pemerintah tidak mentok di fisik saja, tapi diharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang lebih, yang dapat mensejahterakan masyarakat desa,”sampainya.

Dalam Rakor tersebut terlihat hadir Asisten I, Jafri S.Sos., Inpektur Inspektorat, Jauhari Candra, perwakilan OPD, TA, dan seluruh pendamping desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD).(YF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *