/
/
headlineLebong

Kebakaran Hutan Pinus, Api Padam Damkar Baru Tiba

70
×

Kebakaran Hutan Pinus, Api Padam Damkar Baru Tiba

Sebarkan artikel ini

GO BENGKULU, LEBONGSedikitnya 1,5 hektar blukar di hutan pinus kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Danau Tes yang terletak di Desa Kota Donok, Kecamatan Lebong Selatan, Kabupaten Lebong, terbakar pada Jumat (19/7) sekira pukul 09.00 WIB. Api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang oknum ke dalam hutan pinus dan mengenai ranting-ranting daun yang sudah mengering akibat musim kemarau. Peristiwa itu pertama diketahui oleh Mahriadi, anggota Koramil 409-09 yang saat itu kebetulan lewat. Melihat kondisi itu beliau langsung menghubungi pihak BKSDA, Kepolisian setempat dan warga sekitar untuk membantu memadamkan kobaran api. Hitungan menit rombongan tiba dan langsung mengambil tindakan bergotong royong memadamkan api.

“Kebetulan saat itu saya sedang lewat dan melihat kobaran api, saya langsung menghubungi rekan-rekan dari BKSDA, Kepolisian dan warga sekitar untuk bersama-sama memadamkan api. Untung saja api berhasil dipadamkan walaupun dengan alat seadanya,”ungkap Mariadi.

Kata Mahriadi, saat itu pihaknya sudah menghubungi pihak pemadam kebakaran (DAMKAR) tapi tak kunjung tiba akhirnya terpaksa api dipadamkan dengan alat seadanya, untung saja bisa teratasi. Ditambahkan olehnya, mungkin hal ini menjadi pelajaran utuk kedepannya, saat ini DAMKAR hanya menumpuk di Pool induk saja di Kecamatan Amen yang jaraknya cukup jauh dan mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjangkau TKP, api padam baru mereka (damkar,red) tiba.

“Seharusnya garasi yang sudah dibuat di Kecamatan Lebong Selatan dimanfaatkan, untuk apa ada garasinya saja sementara mobilnya gak ada, sama aja bohong. Kami berharap ini menjadi pelajaran OPD terkait dan untuk menjadi pertimbangan ke depannya,”kritiknya dengan nada kesal.(YF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *