/
/
headlineLebong

DD dan ADD Tahap II Lebong Siap Dicairkan, Tiga Desa Belum Realisasikan Tahap I

61
×

DD dan ADD Tahap II Lebong Siap Dicairkan, Tiga Desa Belum Realisasikan Tahap I

Sebarkan artikel ini

GO BENGKULU, LEBONG – Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap II sudah siap dicairkan. Anggaran tersebut sudah masuk ke RKUD sejak 25 Juni kemaren. Seperti yang disampaikan Kepala Dinas PMD-Sos Reko Haryanto, S.Sos., M.Si. melalui Kepala Bidang PMD, Eko Budi Santos, SP., M.Eng. ketika diwawancarai awak media Jumat siang (28/6). Beliau berharap pihak desa tidak menunda-nunda untuk merealisasikannya karena dana tersebut untuk kepentingan masyarakat banyak.

“Pihak KPPN menghimbau kalau bisa duit yang sudah masuk ke RKUD jangan mengendap terlalu lama, dan kalau bisa jangan lebih dari satu minggu. Duit tersebut untuk kepentingan masyarakat jadi lebih baik secepatnya digunakan untuk kepentingan masyarakat,”ujarnya.

Dikatakan Eko, syarat pencairan DD dan ADD tahap II cukup mudah tidak beda seperti syarat-syarat sebelumnya.

“Syaratnya gampang diantaranya laporan realisasi penyaluran dana desa tahun anggaran sebelumnya kemudian laporan konsolidasi realisasi penyerapan dan capaian output dana desa tahun anggaran sebelumnya,”jelasnya.

Beliaupun membeberkan, hingga saat ini masih ada 3 tiga desa yang belum merealisasikan DD dan ADD tahap I, yakni Desa Gandung, Desa Air Kopras dan Desa Nangai Amen. Dua desa diantaranya sedang proses sementara satu desa lagi yakni Desa Nangai Amen belum ada proses sama sekali.

“Desa Air Kopras dan Gandung sudah pengajuan untuk pencairan DD dan ADD tahap I, sekarang masih dalam proses. Kalau Desa Nangai Amen hingga saat ini belum sama sekali, Kadesnya pun belum pernah datang ke kantor untuk koordinasi terkait hambatan yang ada di desanya, kabarnya pihak Inspektorat sudah turun ke lapangan memeriksa kondisi desa tersebut dan sudah dua kali melayangkan surat peringatan kepada kepala desanya,”papar Eko.(YF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *