/
/
headlinehukum-peristiwaLebong

Banjir Mengganas, Jembatan Gantung Desa Talang Liak II Putus

143
×

Banjir Mengganas, Jembatan Gantung Desa Talang Liak II Putus

Sebarkan artikel ini

Sabtu, 27 April 2019

PEWARTA : YOFING DT

GO BENGKULU, LEBONG – Jembatan gantung yang membentang di atas aliran Sungai Ketahun yang terletak di Desa Talang Liak II, Kecamatan Bingin Kuning, Kabupaten Lebong putus akibat diterjang derasnya arus sungai. Diduga  jembatan tersebut putus akibat tidak kuat menahan derasnya arus sungai yang saat itu kondisi airnya sedang naik.

Diceritakan oleh Popy (32) warga Desa Talang Liak II, jembatan tersebut putus sekira pukul 01.00 WIB Sabtu dini hari (27/4). Saat itu air sedang naik dan kondisi diguyur hujan, tiba-tiba ada kayu besar hanyut dan menerpa jembatan tersebut hingga putus dan tiang balok penyangganya roboh menimpa rumah warga yang diketahui milik Darmawi (45) yang tepat berada di sebelah jembatan.

“Tadi air sedang deras-derasnya, tiba-tiba ada kayu besar hanyut menerpa jembatan dan mengakibatkan jembatan tersebut putus dan tiang penyangganya pun ikut roboh menimpa rumah warga,”tuturnya.

Jembatan dan pohon kelapa roboh menimpa rumah warga

Lanjut Popy, beruntung saat kejadian Darmawi beserta keluarganya sudah mengungsi ke tempat yang lebih aman. Tidak hanya tiang penyangga jembatan yang menimpa rumah Darmawi, rumah tersebut juga tertimpa batang kelapa yang juga ikut roboh akibat tertarik tali sling penahan jembatan. Akibat dari kejadian tersebut rumah bagian belakang Darmawi mengalami rusak berat.

“Rumah Darmawi dalam keadaan rusak berat, karena bukan hanya tiang penyangga jembatan yang menimpa rumahnya, rumahnya juga tertimpa batang kelapa yang ikut roboh tertarik tali sling penahan jembatan, semoga saja ada perhatian dari pemerintah atas musibah ini dan semoga jembatan segera diperbaiki karena jembatan tersebut merupakan akses utama warga Desa Talang Liak dan sekitarnya menuju sawah dan kebun warga,”imbuhnya.

Kondisi ruas jalan di Desa Talang Liak II tergenang air dan tidak bisa dilalui kendaraan

Pantauan awak gobengkulu.com Kabupaten Lebong diguyur hujan sejak siang Jumat (26/4) sekira pukul 13.30 WIB hingga Sabtu dini hari (27/4) sekira pukul 02.30 WIB. banjir terjadi di beberapa titik kecamatan, seperti Kecamatan Lebong Utara, Kecamatan Amen, Kecamatan Uram Jaya, Kecamatan Lebong Tengah, Kecamatan Lebong Sakti dan Kecamatan Bingin Kuning. Terparah terjadi di Desa Nangai Amen, Kecamatan Lebong Utara, Desa Lemeu Kecamatan Uram, Desa Ujung Tanjung, Kecamtan Lebong Sakti dan Desa Talang Liak II, Kecamatan Bingin Kuning. Sejumlah ruas jalan tergenang air dan tidak bisa dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Pantauan terakhir, debit air mulai menyusut sekira pukul 03.30 WIB, terlihat warga masih berjaga-jaga sambil membersihkan lumpur dan puing-puing sampah yang masuk ke rumah mereka, semoga saja hujan redah dan tidak terjadi banjir susulan.

Baca juga : Diguyur Hujan Sejak Siang, Lebong Digenangi Banjir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *