/
/
headlinekepahiang

Dinas Sosial PMD Kepahiang Gelar Acara Bursa Inovasi Desa

88
×

Dinas Sosial PMD Kepahiang Gelar Acara Bursa Inovasi Desa

Sebarkan artikel ini

Rabu,03 Oktober 2018

PEWARTA : M FAUZI

GO KEPAHIANG–Dinas Sosial PMD Kabupaten Kepahiang menggelar acara Bursa Inovasi Desa bertempat di Aula Guesshouse dengan tema “Desa Membangun Indonesia, Melalui Inovasi Desa Kita WujudKan Masyarakat Kabupaten Kepahiang Maju,Mandiri Dan Sejahtera”.

Hampir mayoritas masyarakat Kepahiang berprofesi sebagai petani, perkebunan dan persawahan. Ada kurang lebih 28000 hektar kebun kopi rakyat,saat ini Pemkab Kepahiang sedang mengurus Sistem Informasi Geografis (SIG) dengan harapan kopi kepahiang punya brand sendiri,hal ini disampaikan oleh Bupati Kepahiang Dr.Ir Hidayatullah Sjahid, MM dalam sambutannya ketika menghadiri acara tersebut.

“Hampir seluruh masyarakatnya Kepahiang berkebun, sedikitnya ada sekitar 28000 hektar kebun kopi warga, sekarang kita sedang mengurus Sistem Informasi Geografis (SIG) dengan harapan kedepan kopi kita Kepahiang khususnya Robusta bisa memiliki brand sendiri dan pangsa pasar nya bisa tembus pasaran internasional,”ungkap Bupati.

Ditambahkan Bupati selain kopi, “Kepahiang juga memiliki Potensi ternak sapi penghasil susu dan daging ayam petelur, kedepan kita berharap ada pemodal untuk ayam petelur,yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan telur untuk masyarakat Kepahiang sehingga tidak perlu lagi mendatangkan telur dari luar daerah”

Lebih lanjut dalam pidatonya beliau menyampaikan, “Selain potensi perkebunan dan peternakan Kepahiang juga punya potensi pariwisata yang terus kita kembang, tahun ini anggaran untuk pariwisata meningkat luar biasa menjadi Rp 13 milyar, jadi kita berharap dalam Bursa Inovasi Desa ini terjadi pertukaran informasi antar desa dan dapat memanfaatkan secara maksimal potensi desa yang ada,”papar Bupati.

Acara Bursa Inovasi Dana Desa tersebut juga dihadiri oleh Ketua Satgas Dana Desa Dari Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranmigras, Bibit Samad Rianto.

Dalam sambutannya beliau berharap agar Kabupaten Kepahiang menjadi Kabupaten mandiri tanpa bergantung dengan daerah lain, setiap desa harus  mengetahui persis potensi yang di miliki.

“Harapan kita Desa-desa  yang sudah memiliki inovasi bisa berkembang lebih maju lagi, mari kita wujudkan Kabupaten kepahiang menjadi Kabupaten mandiri ketahanan pangan dan ekonomi,tanpa bergantung dengan daerah lain”ungkap Bibit.

Dalam kesempatan itu juga Bibit menjelaskan tentang tugas satgas dana desa. ”Satgas dana desa mempunyai tugas mendorong Camat,PMD dan Inspektorat dapat bekerja lebih baik, jangan sampai ada kendala dalam proses pencairan dana desa, walupun program ini baru berjalan beberapa tahun (DD/add) tapi kita harus terus berbenah agar lebih baik lagi kedepannya,”tutup Bibit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *