Begini Penampakan Jembatan APBN 2017

0
606

PEWARTA : PACHROUL ROZI
SENIN, 13 AGUSTUS 2018 

GO KAUR – Kondisi jembatan di Desa Padang Jati, Kecamatan Luas, Kabupaten Kaur, yang dibangun menggunakan dana APBN tahun anggaran 2017 lalu, saat ini tampak sangat memprihatinkan. Badan jembatan berupa beton sudah remuk, sehingga tidak dapat lagi dijadikan akses bagi warga setempat.

Jika dinilai dari sisi waktu, jembatan ini belum berusia 1 tahun. Menurut keterangan warga setempat, tidak bertahannya jembatan itu lantaran dalam pengerjaannya tidak mengguna beton bertulang atau tidak menggunakan besi beton sama sekali.

“Sangat disayangkan, dana APBN terbuang sia-sia saja. Pembangunan yang tadinya bertujuan untuk kepentingan masyarakat, malah tidak ada fungsinya sama sekali. Karena jembatan tersebut sudah ambruk,” ungkap seorang warga, (nama ada pada redaksi).

Dia menambahkan, pengawasan pembangunan ini sudah berlapis. Ada pendamping, baik dari tingkat kabupaten hingga ke desa. Anehnya, hasil pengerjaannya malah seperti tidak ada pengawasan.

“Inilah yang disesalkan, harapan kita jembatan itu dapat dimanfaatkan lebih lama, tetapi kenyataanya seperti terlihat sekarang. Tentu kerugian bagi negara kerugian pula bagi masarakat,” kata warga menyesalkan.

Sementara itu, salah seorang aktifis organisasi masarakat (Ormas) JKPP kabupaten Kaur, Iksan menyebutkan, selaku tim investigasi, dirinya meminta kepada pihak terkait untuk supaya dapat melakukan pengusutan terhadap pelksanaan pembangunan jembatan yang dinilai oleh dia telah menyimpang itu.

“Kita berharap kepada pihak terkait, terutama penegak hukum, dapat mengusut penyebab, sehingga pembangunan jembatan tersebut seperti lepas dari pengawasan. Supaya perbuatan seperti ini tidak terjadi lagi dikemudian hari,” kata Iksan, Minggu (12/8).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here