Penjahat Hipnotis Gunakan Avanza Beraksi di Lebong, Sasarannya Ibu-ibu

0
3699
Kedua pelaku berhasil dibekuk polisi

PEWARTA : YOFING DT
MINGGU 15 JULI 2018 

GO LEBONG – Aksi kejahatan dengan mengunakan hipnotis kembali terjadi, kali ini sasarannya seorang ibu-ibu, Hj. Yusnidar (57), warga Desa Talang Kerinci Kecamatan Bingin Kuning, Kabupaten Lebong. Korban dipengaruhi oleh dua orang laki-laki dengan modus memberikan tissue, saat korban belanja di toko Pasar Muara Aman Minggu pagi (17/07).

Barang bukti berupa perhiasan milik korban diamankan aparat

Sebelumnya, korban dipanggil oleh kedua pelaku, tanpa ada rasa curiga, ibu Yusnidar mendatangi kedua pria tersebut yang masih berada dalam mobil avanza. Tiba di dekat mobil pelaku, korban diminta masuk ke dalam mobil dan diberikan tissue yang berisi tiga buah batu kecil sebesar kelereng.

Disaat menerima benda itu ibu Yusnidar langsung lupa dan tidak tahu apa-apa. Diluar kendali ia menyerahkan perhiasan emas miliknya berupa gelang kepada kedua pria tersebut. Setelah itu korban turun dari mobil dan pelaku meninggalkan korban.

Beruntung, tidak jauh dari TKP aksi kedua pelaku disaksikan oleh Dea (27) warga Kelurahan Amen. Dea mencurigai gerak-gerik pelaku dan langsung menanyakan kepada korban, apa yang diberikan orang tersebut kepada korban.

Mendapat pertanyaan itu dari Dea, korban tersentak dan sadar bahwa dia telah diperdaya dan menjadi korban hipnotis. Secara spontan ia menjerit dan meminta tolong kepada Dea untuk mengantar dia melaporkan kejadian yang dialaminya ke Polsek Lebong Utara.

Setelah menerima laporan, aparat Polsek Lebong Utara langsung berkordinasi dengan jajaran Polres Lebong, kemudian langsung melakukan pengejaran. Didapat informasi, pelaku melarikan diri ke arah Curup. Lantas dikordinasikan pula ke Polsek Lebong Selatan Guna menghadang pelarian pelaku.

Berkat kesigapan aparat, beberapa menit kemudian diperoleh informasi, pelaku telah berhasil diamankan oleh anggota Polsek Lebong Selatan, dibantu masyarakat di Keluraran Tes. Tepatnya di depan Penginapan Echi Guest Kelurahan Tes, kemudian pelaku diamankan di Polsek Lebong Selatan.

Kapolres Lebong AkBP.Andree Ghama Putra, SH, SIK melalui Kapolsek Lebong Utara Iptu. Firmansyah membenarkan kejadian tersebut, pekaku sudah dijemput dari Polsek Lebong Selatan, dan diamankan di Polsek Lebong Utara untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Dari hasil pemeriksaan terhimpun data pelaku pertama berinial An (45) berasal dari Desa Harapan Makmur Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Benteng, dan rekannya berinisial Iw (37) berasal dari Kota Bumi Lampung Selatan,” terang Kapolsek.

Bersama pelaku juga ikut diamankan barang bukti  berupa satu unit mobil Avanza warna silver Nopol BD 1906 LW beserta STNK atas nama Sofya Syauri, dua gelang emas, empat cincin, dua lembar tisu, batu kerikil sebesar kelereng dan tas punggung.

“Pelaku sudah kerap kali melakukan aksinya di Kabupaten Lebong, dan diharapkan kepada warga yang merasa pernah menjadi korban, segera melapor ke pihak berwajib,” demikian Kapolsek.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here