Dapat Bantuan APBN, Kepahiang Kembangkan Budidaya Bawang

0
448

PEWARTA : M FAUZI
RABU 18 JULI 2018 

GO KEPAHIANG – Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, tahun 2018 ini mendapatkan bantuan bibit bawang merah dan bawang putih, yang bersumber dari dana ABPN. Untuk didistribusikan kepada segenap kelompok tani di daerah itu.

“Bantuan bibit bawang merah yang kita distribusi kan kepada kelompok tani sesuai dengan usulan kelompok dan verifikasi yang kita lakukan. Kita berharap bantuan bibit tersebut dikelola dengan baik jangan sampai bantuannya mubazir,” ucap Kadis Pertanian Kepahiang Hernawan, S.Pkp.

Dalam waktu dekat ini, kata dia, pihaknya akan menurunkan tim kelapangan, melalui mantri tani, guna meninjau langsung ke kelompok dan petani jika ada kendala akan diarikan sulosinya.

Luas lahan untuk bawang merah telah disiapkan lebih kurang seluas 50 ha, sedangkan lahan untuk bawang putih 25 ha. Ditargetkan pada 2019 nanti,  Kabupaten Kepahiang mencapai swasembada bawang putih.

“Budidaya bawang ini tersebar hampir di seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Kepahiang. Sedangkan untuk musim tanam bawang merah 1ha bibitnya berkisar 550kg. Diharapkan saat panen bisa menghasilkan 1,6 – 1,7ton perhektar. Bibit yang kita siapkan lebih kurang 28 ton,” kata Hernawan

Penyebaran Bibit Bawang Merah
– desa bukit menyan, 1 klompok
– desa air pesi 1kelompok
– desa kandang 1kelompok
– desa simpang kota beringin 1kelompok
– desa karang Endah 2 kelompok
– desa peranduan Binjai 1kelompok
– desa Sosokan Taba 1kelompok
– desa batu blarik 1 kelompok
– desa tebat monok 1 kelompok

Penyebaran Bibit Bawang Putih
– desa Bukit menyan 2 kelompok
– desa Embong sido 1kelompok
– desa Bukit sari 1kelompok

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here