Mantan Kabid Dilaporkan Korupsi Oleh Suami Kedua, Simak Penjelasan Pihak Terkait

0
1569
Kabid Pembinaan dan Kinerja Aparatur BKPSDM Lebong, Apedo Irman S.Sos (foto : yofing)

PEWARTA : YOFING DT
SELASA 8 MEI 2018

GO LEBONG – Mantan Kabid Perikanan Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Lebong Darmawati, SPI yang dilaporkan oleh suami keduanya Rizal Wajo, dengan tuduhan telah melakukan korupsi dana pengadaan bibit ikan tahun 2017 senilai Rp 1,7 Miliar.

Pengakuan Rizal Wajo, Laporan itu ia buat didorong rasa sakit hati terhadap istrinya Darmawati, karena telah mengusir dirinya dari rumah sang istri yang baru dinikahinya pada bulan januari 2018 silam.

Kepala KUA Lebong Selatan, Nursad mangakui dia yang menikahkan pasangan ini pada bulan januari lalu. Saat itu seingat dia Darmawati mengaku sebagai janda cerai hidup, sedangkan Rizal Wajo mengaku duda cerai mati.

“Untuk lebih jelasnya kita akan bongkar lagi arsip di kantor, dan saat ini belum sempat. dari arsip dapat diketahui data pendukung yang mereka (Rizal Wajo dan Darmawati-red) lampirkan ketika itu,” papar Nursad kepada awak gobengkulu.com via ponsel, Senin (7/5).

Secara terpisah, Rizal Wajo yang juga dihubungi via ponsel malah mengungkapkan, dirinya telah ditipu oleh Darmawati. Ketika itu kata Rizal, darmawati mengaku telah sah bercerai dengan suami pertamanya.

“Namun betapa kecewanya saya, ketika mendapat telepon dari suami pertamanya yang mengatakan bahwa mereka belum sah bercerai. Jadi menurut Saya, selaku ASN Darmawati telah menikah dengan saya sebagai suami keduanya, masih dalam ikatan perkawinan dengan suami pertamanya,” beber Rizal.

Disisi lain, Kepala BKPSDM Kabupaten Lebong H. Guntur S.Sos melalui Kabid Pembinaan dan Kinerja Aparatur, Apedo Irman S.Sos menuturkan, pihaknya malah belum mengetahui persis tentang status perceraian Darmawati dengan suami pertamanya.

Karena berdasarkan data di Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PUPNS) Tahun 2014 Ema alias Darmawati, kata Apedo, hanya terdaftar sendiri tanpa suami dan anak.

“Sejauh ini kami belum pernah menerima pengajuan perceraian dari Darmawati terhadap suami pertamanya,” tegas Apedo di ruang kerjanya Senin.

Dijelaskan oleh dia, karena proses perceraian seorang ASN seharusnya melalui Kepala OPD tempat dia bekerja diajukan ke BKPSDM untuk diselidiki kelayakannya. Kemudian jika sudah dianggap layak dan pantas baru diajukan ke Bupati untuk diteruskan ke Pihak Pengadilan Agama.

“Sejauh ini kita belum pernah menerima dan memproses itu. Tapi baru-baru ini Darmawati pernah mengajukan permohonan untuk bercerai terhadap suaminya yang keduanya yakni Rizal Wadjo. Tentu belum bisa kita poses karena masih banyak kekurangan yang harus dilengkapi seperti buku nikah, kartu keluarga dan surat permohonannya pun belum ditandatangani oleh Ema,” papar Apedo.

Pihaknya, kata Apedo menjadi bingung dengan status Ema sebelum menikah dengan Rizal Wadjo, apakah dia sudah sah bercerai secara hukum atau belum, karena pihak BKPSDM belum pernah memperoses perceraian Darmawati dengan suami pertamanya.

“Kini malah dia sudah mau mengajukan perceraian dari pernikahannya yang ke-dua yang baru saja dilaksanakan beberapa bulan yang lalu dan sejauh ini di data PUPNS hanya nama Darmawati saja yang terdaftar sedangkan suami dan ketiga anaknya tidak ada,” ungkap Apedo”.

Editor : Uj Thahar

Baca juga :

Rizal Akui, Kegiatan Senilai 1,7M Pernah Dilapor Oleh Mantan Kabid ke KPK

Suami Laporkan Istri Korupsi, Istrinya Akan Lapor Balik Suaminya Cemarkan Nama Baik

Mantan Kabid Dilaporkan Korupsi Oleh Suaminya Sendiri

Berikut Alasan Pria Ini Laporkan Istrinya Korupsi Miliaran Rupiah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here