Kepahiang Wujudkan Daya Tampung Lingkungan Hidup Berbasis Ekosistem

0
387

PEWARTA : M FAUZI
SENIN 7 MEI 2018

GO KEPAHIANG – Guna mewujudkan pengendalian pemanfaatan SDA, pengendalian kerusakan dan pencemaran serta pelestarian fungsi lingkungan hidup, kabupaten Kepahiang gelar sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek), bersama tim Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera  dari Pekan Baru, Riau.

Sosialisasi bertajuk daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup berbasis ekosistem di Kabupaten Kepahiang, Senin (7/05) digelar di aula Diknas, yang difasiltasi oleh Dinas Lingkungan Hidup setempat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kepahiang Dr Ir Hidatullah Sjahid MM, mengharapkan agar pembangunan Kepahiang tersusun dengan kajian strategis wilayah. Melalui kegiatan ini kata Bupati, menunjukan bahwa kabupaten kepahiang terarah dalam menyusun rencana pembanguan.

“Salah satunya adalah pembuatan kegiatan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) yang berada dibawah  naungan DLH,” kata Bupati.

Bupati menjelaskan bahwa selain menyusun rencana pembangunan, tujuan digelar sosialisasi ini meminta dukungan seluruh OPD berperan dalam  pembangunan. Diingatkan, saat ini Kepahiang tengah membahas Perda RTRW, dimana DLH merupakan OPD yang berperan dalam pembahasan.

“Terkait tata ruang yang ada di kementrian ATRBPN, awalnya dikelola oleh Bappeda namun berdasarkan aturan telah mengalami perubahan. Saat ini dikelola oleh PU, maka dari itu butuh penyesuaian dengan tenaga yang ada,” ungkap Bupati.

Sementara itu Kepala DLH Kepahiang, Muktar Yatib SPd mengharapkan, kegiatan tersebut dapat memberikan dampak postif dalam pengembangan pembangunan daerah yang disesuaikan dengan potensi daerah.

“Sosialisasi, sekaligus bimtek ini digelar selama tiga hari dari tanggal 7 hingga 9 Mei untuk mendukung pembangunan berbasis lingkungan khususnya kabupaten kepahiang,” ujarnya.

Editor : Uj

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here