Budidaya Ikan Mikis di Mukomuko

0
283

KONTRIBUTOR : YADHIE
KAMIS 17 MEI 2018

GO MUKOMUKO – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko dalam waktu dekat ini bakal melakukan kegiatan konservasi perkembangbiakan ikan mikis di wilayah tersebut. Pasalnya, ikan mikis yang merupakan jenis ikan langka tersebut hingga saat ini belum diketahui populasinya.

Untuk mengantisipasi kepunahan, dinas bakal membentuk wadah konservasi dengan melibatkan warga di dekat aliran sungai deras. Wilayah itu antara lain di aliran Sungai Air Dikit dan Air Manjuto.

“Wacana ini sebenarnya sudah lama. Namun, akan segera kita realisasikan Dulu kita pernah melibatkan tim ahli dari Bogor, hanya saja belum berhasil lantara jika indukan yang dikembangbiakan tidak dapat bertahan lama yakni sekitar 2 bulan. Untuk itu, nantinya kami akan bentuk wadahnya dengan melibatkan masyarakat di daerah itu,” ungkap Kepala DKP, Eddy Apriyanto, SP, M.Si.

Menurut Eddy, langkah yang bakal dilakukan nantinya dengan memanfaatkan anak ikan mikis yang telah menetas di kawasan muara. Teknisnya akan dibahas dan dipersiapkan peralatannya. Setelah itu, ikan akan dikonservasi dan dimasukkan ke dalam kolam penampungan.

“Kita sudah turun ke lapangan. Dan warga menyampaikan anakan ikan mikis bisa ditangkap menggunakan alat. Setelah itu, akan kami budidayakan. Kalau sudah besar, akan kita lepaskan di hulu sungai. Kita minta dukungan masyarakat. Karena selain langka, nilai jual ikan mikis juga tergolong mahal. Kita juga imbau warga untuk tidak menangkap ikan menggunakan setrum dan racun,” tandas Eddy.

Release 17 mei 2018 – 21:17 WIB

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here